Friday, February 22, 2008

Belajar Tentang Pantai

Sebagai bayi, setiap hari seperti sebuah petualangan. Menemukan hal-hal baru, mempelajarinya dan mencoba banyak kegiatan baru. Ini juga salah satu pengalaman baru bagi Carl (bayi laki-laki saya yang selalu ingin tahu) yaitu mempelajari tentang pantai...

Di Jakarta memang bukan tempat yang ideal untuk mempelajari pantai. Di sini nggak ada pantai yang indah dan bersih, tapi bagaimanapun juga Carl memang belum pernah melihat pantai sesungguhnya. Jadi pantai cokelat penuh dengan sampah malah menjadi surga indah dengan banyak harta karun.

























Sejak pertama kali melangkahkan kaki di pasir, kepala si kecil selalu tertuju ke bawah. Kakinya sibuk berlari ke sana kemari, jatuh sesekali (yang tentu saja membuat saya mengusap dada karena pasir kotor yang menempel di seluruh pakaiannya), untuk kemudian bangun berlari lagi.

























Satu hal yang paling membanggakan dari Carl adalah sifatnya yang senang bereksplorasi tanpa rasa takut. Semangatnya yang tinggi, tidak takut jatuh, tidak mudah menangis untuk kemudian bangkit lagi dengan kekuatan sendiri, sering menimbulkan decak kagum orang tua lain. Entah dari mana keberanian itu berasal, saya tidak berani menyatakan bahwa hal itu hasil didikan kami sebagai orang tua atau memang sudah sifat yang sudah dibawa Carl. Tapi satu hal yang pasti, saya senang sekali melihatnya menjadi bayi yang mandiri, berani dan penuh semangat.

























Hari itu, Carl sudah melukiskan sendiri kenangannya di atas pasir pantai. Walaupun dia masih terlalu kecil untuk mengingat semuanya, tapi bagi kami orang tuanya hal-hal kecil seperti ini sangatlah berarti...

No comments: