Saturday, February 23, 2008

Foto Bayi

Entah sejak kapan saya berhenti membuat foto Carl. Setelah hampir setahun menghabiskan waktu untuk menangkap semua perubahan Carl, saya mulai bosan untuk mengejar-ngejar "precious moment" dari bayi saya. Lebih parah lagi, saya mulai kehilangan minat untuk memotret apapun...

























Tapi akhirnya setelah 3 bulan berlalu, saya mengambil kamera lagi dan mencoba membuat bidikan yang melukiskan Carl di usia lima belas bulannya ini. Sebenarnya dorongan untuk memotret masih belum ada, tapi rasanya kasihan oma-nya (mama saya yang sekarang tinggal di negara yang amat jauh) jika saya sampai menghentikan dokumentasi perkembangan Carl.

























Entah kenapa saya malah merasa kesulitan untuk mulai mengambil foto Carl sekarang ini. Kemampuan saya juga rasanya semakin merosot dan Carl juga semakin sulit untuk dibujuk agar mau diam. Memegang kamera sambil menjaga anak sekaligus bukan hal yang mudah!

























Baru saja saya selesai merapikan bajunya, dia sudah langsung berulah lagi. Setelah bergulat yang diiringi oleh teriakan-teriakan perang akhirnya saya berhasil membuat Carl duduk tenang. Ok selanjutnya tinggal membuat foto yang bagus. Saya mundur beberapa langkah, sok mengatur komposisi foto, dan.... oh baguslah Carl masih tenang. Sekarang yang menjadi masalah adalah lensa yang saya gunakan. Lensa ini adalah lensa manual focus, yang artinya saya harus memutar lensa ini dengan tangan saya agar gambarnya bisa tajam. Carl bergerak sedikit, fokusnya sudah hilang. Bukan cuma Carl yang menjadi masalah sekarang ini, mata saya sendiri akhirnya sakit karena terlalu berkonsentrasi pada layar kecil yang harus diintip dengan sebelah mata. Maju mundur, maju mundur, akhirnya fokusnya dapat dan... KLIK! Aaaaaaaargh anak itu hilang dari tempatnya!

























Kira-kira begitulah perjuangan saya untuk memotret anak bayi yang sedang aktif-aktif nya ini. Walaupun hasilnya seadanya tapi setidaknya cara memotret yang penuh usaha dan keringat ini bakal dikenang di kemudian hari. Walaupun banyak lensa yang sudah otomatis tapi sampai sekarang saya dan suami masih memakai lensa yang sulit dipakai ini, dan dari lensa ini juga nama Carlson diambil... Bisa tebak nama lensanya?

No comments: